Sabtu, 04 Juni 2016

CHAPTER 4 : JOGJA ( I )

hi!
dear readers , seminggu kemarin lebih tepatnya tanggal 25 mei 2016, aku lagi liburan sih, nggak cuman liburan tapi yaaah ada keperluan juga, masalah kuliah gitu...
jadi rencana liburan kemarin aku ke jogja sembari jalan-jalan , terus dilanjutin ke surabaya langsung tanggal 27 mei nya, pulang lagi tanggal 29 mei, gitupun tanggal 30 mei nya aku harus ke jember daftar ulang snmptn sampe tanggal 31, nggak kebayang pokok capeknya T.T , but it was so fun :D

oke satu-satu dulu bahasan tentang liburan ku, aku mulai dari jogja aja kali yaa, biar urut hehehe, kan enak ceritanya terperinci gitu soalnya hehehe

aku mulai dari awal yaaa,
berangkat dari jogja kurang lebih kira-kira jam 07.45, naik kereta sritanjung dari banyuwangi-jogja, harganya kalo bulan mei kemarin 96.000, setiap bulannya beda-beda, soalnya kayak ada promo gitu, kalo bulan juni ini kayaknya 100.000 deh, april kemarin 94.000, jadi untuk para readers kalo pengen tau harga tiket mending cari dulu di internet deh, daripada tanya temen/kerabat, takutnya beda kan php jadinyaa hehehe, apalagi kalo minim budget hehehe, walaupun kurang/lebih nya budget mending lebih baik kalo mau liburan buat price list gitu deh, soalnya aku pengalaman kalo liburan apalagi sama temen, uang pasti nggak ke kontrol dan seolah-olah uang itu kurang lebih entahnya ilang kemana dan ujung-ujungnya akhirnya agak nyesel gitu.
nah lanjut,  perjalanan banyuwangi-jogja itu kira-kira 14 jam'an, pokoknya aku sampe sana aja jam 8 lebih'an malem gitu.

di jogja, aku nggak punya sodara/kerabat yang tinggal disana, so pasti aku tidur di hotel.
hotel di jogja kebanyakan mahal-mahal, susah nyari yang murah, setauku sih yaa.., adaa siiih emang hotel yang cuman 100 ribuan lebih gitu, tapiiiiii sumpah hotelnya isa2 nyakitin ati hehehe, emang kalian nganggep "hotel cuman harga segitu pasti juga fasilitasnya yaah kayak gitu2 juga, mau murah tapi maunya enak, nggak ada!", naaah aku ini orang nya kritis banget, sebelum kemana2 (liburan maksudnya) pasti aku review dulu segala tempat hotel, wisata sampe budget, semuanya udah aku atur dalam list. jadi dari hasil pengalaman ku, hotel 100 ribunya jogja sama 100 ribunya bali, masih mending bali, terusan dari 150 ribuan lebih nya hotel jogja kalo dibandingin sama 150 ribuan lebih nya hotel surabaya, masih mending surabaya. karenaa apaaaaa?! hotel 100 ribu nya jogja itu sama bentuknya kayak kamar orang kampung/desa gitu, itupun kalo emang ada kamar mandinya, kamar mandi yang toiletnya jongkok terusan bak mandinya pendek sama kecilan gitu. tapi kalo di surabaya ada yang 180 ribu di studio hotel (kalo di traveloka), dekat gubeng, bagus kok, yaaah walaupun nggak ada kamar mandi dalamnya sih , tapi mending lah, terusan kalo di bali sih aku nggak tau pastinya, cuman kata temen ku sama liat foto2 temen ku pas nginep disana, bagus kok, suasana hotel masih, terusan ada kamar mandi dalemnya juga, ntar deh kalo aku ke bali, insyaa Allah aku mau tidur sana, aku kasih info lengkapnya hehhehe. eeeh tapi ada hostel di jogja yang murah terus kamarnya nggak mengecewakan, ada kamar mandi dalemnya, tapi kasur tingkat ada 3 jadi bisa untuk orang ber 6, 80 ribu kalo di traveloka/booking.com. biasanya itu untuk anak2 study tour gitu, terusan kalo kalian mau yang kasurnya untuk 2 orang gitu tambah mahal isa2 300 ribuan lebih. itu aja kata ku hotel di jogja yang paling murah terusan suasananya juga enak

ini yang di studio hotel surabaya :




kalo ini yang di edu hostel : (btw aku study tour nginep sini, yang kasur 6 sih,tapi kalo mau tau kamar yang lain, monggo search sendiri hehehe,)





nah segitu doang preview ku tentang hotel-hotel, aku lanjut cerita lagi
pas sampe jogja aku sempet kesasar dan hampir muter 2 kali nyari nih hotel, nama hotel ku "Pelem Sewu Cottage" daerah bantul sana, aku nginep 2 hari 1 malam jadi total harganya sekitar 515000an kalo nggak salah. aku udah booking dari traveloka jadi nggak usah ngurus2 check in-nya lagi.
nah aku kasih tau dikit yah tentang traveloka, kalo kalian mau liburan/nginep mending di traveloka aja (hehe jadi promosi), bukan gitu , tapi cuman saran agar kalian lebih mudah nyari hotel aja, potongan harganya juga lebih murah daripada yang lain sama harga aslinya, praktis, lengkap juga semua infonya, tapi kalo kalian pengen nge-refund pesanan kalian, liat dulu per hotelnya yaaah, ada yang isa sama nggak soalnya, nah kalo kalian udah nge-refund misalnya, biasanya uang nggak bisa langsung kembali gitu, harus nunggu sampe 1 bulan batas maksimalnya, kemarin mama ku aja dikembaliin 1 mingguan gitu kalo nggak salah. jadi sabar yaaah hehehe.
tapiiii juga kalo kalian ada kepentingan saat mengunjungi kota lain, kayak aku ini, pastinya kalian pengen cari hotel dengan akses paling cepat di tujuan kalian, biar murah untuk biaya taksi/kendaraan lainnya,aku saranin mending jangan asal buka google deh, soalnya realita sama ekspetasi kalian beda banget. kayak aku ini, hotel ku pas di jogja ternyata jauh banget sama UMY apalagi sama malioboro dan tempat2 lainnya, aku liat di google sih kayak deket gitu tapinya nggak, jadi bener2 ati2 kalo mau milih hotel yang pengen aksesnya cepet langsung ke tujuan. sama juga jangan terlalu percaya sama resepsionis hotel, misal sebelum kalian mau booking hotel emang nggak ada salahnya ngecek hotelnya langsung dengan cara lewat via telepon, nah aku juga pernah kena tipu katanya deket, eeh taunya jauh juga. kalo kayak gitu  nggak ada yang bisa disalahin, kecuali diri sendiri.

stop sampe situ dulu saran ku, aku cerita tentang pengalaman ku dulu tentang liburan pertama kali sama mama ku di jogja ( kecuali pas study tour doang 2 kali)


  • hotel Pelem Sewu Cottage Bantul 



hotel ini model kamarnya kayak cottage (pondok) gitu , ada juga yang tingkat, kalo yang tingkat, bangunannya terdiri dari 2 kamar dibawah, 2 kamar diatas + balkon, ditengah2 dibatasi sama tangga 



itu restorannya / tempat santai gitu



ini suasana kamar di malam hari ( btw nggak aku foto semua bagian2nya pas malem soalnya capek baru pulang hehehe)








kalo ini suasana kamar pas udah pagi 



diatas juga, ada pintu yang bersebrangan sama tetangga 






aku kebetulan dapet kamar yang diatas , jadi dapet viewnya jelas banget 



gambar diatas itu, fasilitas gratis yang di dapet, ada sarapannya juga, tapi nggak aku foto, keburu laper hahaha, hari pertama nasi goreng jawa + ayam + telur + teh anget, hari kedua nasi uduk + sambel goreng kentang & tempe + ayam + telur bumbu kuning + teh anget , btw masakannya dibikin ala2 perdesaan gitu, enak2 sumpaaah sarapannya,

tapi cerita dikit lagi nih, pas  aku baru datang disana, tangga tempat kamarku lampunya mati, jadi pas buka pintu, otomatis pake senter gitu, agak merinding sih, mama ku juga ikutan merinding, nah waktu pertama kali aku masuk ke kamarnya, sumpaaaah nggak dikasur sama nggak dilantai sama-sama kotor minta ampun gara2 debu, terusan sprei nya kayak agak bau udah lama nggak dibersihin gitu, mau dibersihin tapi nggak ada sapu, jadi solusinya pake sandal hotel aja kemana2, oya ada sajadahnya juga disiapin di lemari, tapi aku nggak tega pake , soalnya takut kotor berdebu gitu, sama aja najis, akhirnya aku sholat di atas kasur aja, btw aku tidur nggak pake bedcover, alesannya ya kotor itu, terusan nggak dingin sama sekali kok kalo malem hari, karena ac nya pake ac model lama , jadi nggak kerasa gitu apa lagi bangunan kamarnya luas, tapi kalo malem hari ati2 aja sama namanya nyamuk, meraja luas, mungkin karena samping kamarku sawah, bikin tambah banyak nyamuknya kali ya.
terusan kesan ku, waktu pertama kali liat kamar ini, "kamarnya masih belum pernah terpakai sama orang lain" alesannya :

  1. lantai dan kasur berdebu , kotor banget 
  2. ternyata kamar disamping masih baru di masuk2in semua barangnya 
  3. sprei juga bau khas yang nunjukin nggak pernah diganti / dipake, bau kayak tanah/lumut2 gitu 
mama sempet nggak betah karena agak takut gitu, terus aku coba ngerayu2 dengan positif thingking kayak bandingin bagus2nya sama hotel yang pernah di hampiri sebelumnya,soalnya aku kayak merasa bersalah gitu, kan aku yang milih hotelnya, aku juga sempet kecewa, karena ternyata hotelnya jauh sama daerah2 yang mau dikunjungi

udah segitu doang cerita tentang hotel ku di jogja, post berikutnya, tentang  kunjungan ku di jogja hehehehe



sekian :D











0 komentar:

Posting Komentar